Vaksinasi Hepatitis B

Diposting oleh Jualan Apa Saja | 22.01 | | 0 komentar »

Program Peduli Hepatitis B

Ø KONSEP

Kami bersama Glaxo SmithKline mengajukan penawaran program peduli Hepatitis B, dengan menimbang bahwa 1 dari 20 orang penduduk Indonesia menderita Hepatitis B yang merupakan radang hati yang disebabkan oleh virus B, dimana sebagian besar penderita seringkali tidak mengetahui bahwa dirinya menderita Hepatitis B dan menularkan pada orang lain karena hanya sedikit menunjukkan gejala.


Ø LATAR BELAKANG

Hepatitis B merupakan salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia yang belum menunjukkan penurunan angka prevalensi yang signifikan. Masih adanya kasus-kasus Hepatitis B di sebagian rumah sakit dengan stadium lanjut menunjukkan bahwa Hepatitis B masih berada dalam tingkat progresivitas dan penularan yang tinggi.

Program vaksinasi ini merupakan suatu program preventif dan upaya aktif untuk berperan memberikan informasi dan edukasi kesehatan mengenai Hepatitis B berdasarkan beberapa fakta sebagai berikut:

ü Indonesia merupakan daerah dengan prevalensi sedang sampai tinggi berkisar 4 sampai 34% (endemis tinggi Hepatitis B).

ü 1 dari 20 orang Indonesia menderita penyakit Hepatitis B

ü Lebih dari 2 miyar orang di dunia pernah terinfeksi Hepatitis B

ü Sekitar 350 juta di antaranya menjadi kronis yang dapat menyebabkan kematian dan lebih dari 11 juta berada di Indonesia.

ü 1 juta orang setiap tahunnya meninggal karena Hepatitis B.

ü Hepatitis B 100 kali lebih menular daripada HIV (AIDS). Seseorang sangat mungkin terserang virus tersebut bila ia berhubungan dengan cairan tubuh seseorang yang terinfeksi dan dapat menular dari kebiasaan kita sehari-hari.

ü Virus Hepatitis B dapat bertahan berbulan-bulan di luar tubuh manusia dan menular melalui darah, cairan tubuh (segmen atau cairan vagina), luka, peralatan salon atau medis.

ü Kurangnya informasi yang akurat mengenai Hepatitis B menyebabkan 70 % penderita tidak mengetahui dan tidak merasakan gejalanya dan baru menyadari ketika sudah menjadi sirosis bahkan kanker hati. Apabila sudah terjadi sirosis maka akan mengganggu metabolisme dalam tubuh seseorang tersebut, sehingga kualitas hidupnya juga akan menurun dan bila tidak ditangani akan berakhir dengan kematian.

ü Kadang si Penderita tidak mengetahui dirinya menderita Hepatitis B karena hanya sedikit yang menunjukkan gejala kuning pada mata dan kulit, lesu tidak nafsu makan dan mual, hingga beberapa tahun kemudian penyakit hati sudah berat dan dapat berakibat fatal yaitu kanker hati

ü Kurangnya vaksinasi untuk usia produktif

ü Kurangnya cakupan suntikan booster / ulangan untuk meningkatkan kekebalan terhadap Hepatitis B

ü Mahalnya biaya pengobatan

Ø TUJUAN

1. Membangkitkan kesadaran dan kewaspadaan karyawan khususnya terhadap bahaya penyakit Hepatitis B.

2. Memberikan informasi yang aktual dan akurat kepada Karyawan mengenai penularan, cara pencegahan terhadap penyakit Hepatitis B dan bagaimana mengobatinya jika telah menderita penyakit hepatitis B.

3. Menyarankan untuk melakukan pemeriksaan (screening) dan vaksinasi sebagai langkah bijaksana dalam mencegah penyebaran penyakit Hepatitis B.

4. Diharapkan dengan adanya program ini dapat menurunkan angka penderita penyakit Hepatitis B khususnya di Indonesia.

Ø BENTUK KEGIATAN

1. Edukasi penyakit Hepatitis B oleh tim medical PT. Glaxo Smith Kline

2. Screening HbsAg bagi seluruh peserta dilanjut dengan

3. Vaksinasi Hepatitis B kolektif menggunakan vaksin engerix B

No.

Description

Harga tanpa Program

Harga Program

1.

Konsultasi Dokter

Rp 100.000,-

Gratis

2.

Pemeriksaan Laboratorium

ü HbsAg

ü Anti HbsAg

Rp 75.000,-

Rp 85.000,-

Gratis

Gratis

3.

Vaksinasi Hepatitis B

Rp 150.000,-

Rp. 80.000/1x Vaksinasi


Jumlah

Rp 410.000,-

Rp. 80.000,-

Ø Catatan:

Vaksin Hepatitis B dilakukan 3 kali suntik perorang dengan jadwal (bulan) 0, 1, 2, (harga tersebut di atas untuk 1 kali penyuntikan).

Ø Ilustrasi Pengobatan Pasien

Berikut ini merupakan gambaran bila kita tertular Hepatitis B maka besarnya biaya yang harus dikeluarkan adalah sebagai berikut:

Analisa biaya pengobatan Hepatitis B:

ü Biaya Laboratorium Rp. 200.000,-

ü Konsultasi dokter Rp. 100.000,-

ü Biaya Obat Rp. 3.000.000,-





Total Biaya Pengobatan per Bulan Rp. 3.300.000,-

Total Pengobatan Per tahun Rp. 39.600.000,-

Terbilang (Tiga Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Ribu Rupiah)


Ø TENTANG GLAXOSMITHKLINE

Glaxosmithkline yang merupakan perusahaan farmasi terbesar di dunia, yang memiliki kombinasi kemampuan dan sumber daya yang kompeten yang berperan dalam dunia kesehatan yang demikian pesat perkembangan kemajuannya.

Sebagai perusahaan farmasi terdepan dalam pengembangan dan produksi vaksin untuk mencegah penyakit-penyakit yang mengancam kehidupan manusia yang disebabkan oleh virus dan bakteri seperti Hepatitis A, Hepatitis B, disteri, Tetanus, Pertusis, Campak, Gondok, Rubella, Polio, Cacar air, influenza, Thypus dan infeksi radang otak yang disebabkan oleh HIB.

Glaxosmithkline menyalurkan lebih dari 35 dosis setiap detiknya vaksin tersebar di bebarapa organisasi internasional seperti WHO dan UNICEF, setiap tahunnya GSK mendistribusikan lebih dari 1 milyar dosis vaksin ke lebih dari 180 negara, sehingga dapat diperkirakan 2,5 juta orang menerima vaksin dari GSK setiap harinya.

Salah satu misi Glaxosmithkline adalah meningkatkan kualitas hidup manusia dengan memberdayakan mereka untuk lebih baik dan hidup sejahtera sepanjang usianya.

Ø BENEFIT BAGI PERUSAHAAN

1. Mendapat informasi kesehatan melalui Penyuluhan Hepatitis B (Health Education) --- Dokter Umum

2. Screening test Hepatitis B ( HbsAg & Anti HbsAg) secara Gratis

3. Vaksinasi Preventif dengan Harga Khusus ---- Rp. 90.000,-/ Org / 1 x vaksinasi

Ø Penutup

Selain vaksinasi HEPATITIS B kamu juga menyediakan layanan kesehatan vaksinasi lain antara lain:

NO

JENIS VAKSIN

HARGA

1

Hepatitis A

Rp. 236.000

2

Cacar Air / Varicella

Rp. 298.000

3

Influenza

Rp. 135.000

4

Demam Tifoid

Rp. 105.000

5

Hepatitis A & B

Rp. 247.000

6

Kanker Serviks

Rp. 1.250.000

7

Meningitis (Radang otak)

Rp. 150.000

Mengingat pentingnya langkah pencegahan terhadap virus Hepatitis B ini kami berharap hal ini mendapat respon positif dari Bapak/Ibu pimpinan sehingga bisa membantu melindungi karyawan, yang notabene adalah penopang utama dalam operasional perusahaan. Selain itu, dengan program ini berarti ikut berpartisipasi dalam mengurangi penyebaran penyakit Hepatitis B khususnya di Indonesia. MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

untuk lebih jelas silahkan download disini

0 komentar